HMPS Perbankan Syariah Sukses Menjadi Tuan Rumah Kongres Nasional IMAPSI 2021

Kongres Nasional IMAPSI 2021 merupakan kongres yang diadakan dalam melanjutkan pembentukan forum nasional IMAPSI, yaitu Ikatan Mahasiswa Perbankan Syariah Indonesia. Tahun 2021 menjadi tonggak awal hidupnya kembali IMAPSI dengan terbentuknya AD/ART, GBHO/GBHK, pemilihan ketua, dan pemilihan logo. Kongres ini yang diadakan di kota gudeg Yogyakarta dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah (HMPS PS) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai tuan rumah dengan kegiatan dilakukan secara hybrid yang diadakan selama 4 hari di hotel University pada tanggal 26 – 29 September 2021.

Pada kongres IMAPSI tahun ini, HMPS PS UIN Sunan Kalijaga beserta seluruh panitia mengangkat sebuah tema, yaitu “merajut tali silaturahmi para young islamic banker dengan semangat membawa kemaslahatan bagi masyarakat”. Tema tersebut mendeskripsikan tujuan dari pelaksanaan kongres nasional ini agar dapat menjadi suatu wadah silaturahmi untuk bagi seluruh mahasiswa perbankan Syariah di Indonesia. Selain itu, dengan adanya Kongres nasional IMAPSI 2021 ini harapannya seluruh mahasiswa program studi perbankan syariah melalui wadah organisasi IMAPSI dapat turut andil dalam mengembangkan dan menciptakan suatu inovasi maupun ide kretaif dalam bidang ekonomi khususnya dalam pengembangan industry perbankan syariah untuk kemaslahatan masyarakat.

Dalam pelaksanaanya selama 4 hari di hotel university UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, terdapat 70 peserta yang mewakili dari 24 universitas/institute hadir secara luring dengan protokol kesehatan yang ketat, dan 27 peserta yang mewakili 8 universitas/insitut hadir secara online. Serangkaian acara kongres nasional IMAPSI ini dihadiri oleh Kaprodi perbankan syariah Ibu Ruspita Rani Pertiwi, S.psi, M.M. dan dibuka oleh Bapak Dr. Abdur rozaki, S.Ag, M.Si. selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UIN Sunan Kalijaga di dalam rangkaian acara webinar series serta ditutup oleh Bapak Dr. Ahmad Salehudin, S.Th.I., M.A. selaku wakil dekan bidang kemahasiswaan dan kerja sama FEBI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kongres nasional IMAPSI terdiri dari 5 sidang pleno, yaitu TATIB, AD/ART, GBHO/GBHK, pemilihan ketua, dan pemilihan logo. Salah satu hasil keputusan sidang yakni terpilihnya saudara Mohammad Faisal Reza yang merupakan Mahasiswa perbankan syariah 2018 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai ketua IMAPSI periode 2021/2022 dengan melalui syarat-syarat tahap seleksi pemilihan seperti Baca Al-Quran, sumpah kesediaan sebagai ketua, dan syarat administrasi seperti KTM dan KRS, dll.

Dengan diadakannya kongres ini, diharapkan menjadi sebuah wadah yang menghubungkan kembali tali silaturahmi para mahasiswa perbankan Syariah di Indonesia serta menjadi awal baru untuk IMAPSI agar bisa mencapai eksistensinya kembali.