A PHP Error was encountered

Severity: 8192

Message: preg_replace(): The /e modifier is deprecated, use preg_replace_callback instead

Filename: helpers/notification_helper.php

Line Number: 97

Faculty of Islamic Economics and Bussiness UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta | RAKER DAN PELANTIKAN PENGURUS IKASUKA 2017
jembatan1.jpg

*

masjid1.jpg

*

bg-header-2.jpg

*

UIN SUNAN KALIJAGA

WhatsApp_Image_2016-12-10_at_9.21_.56_AM_.jpeg

*

The 4th Asean International Conference on Islamic Finance (AICIF), Melaka 6-8 Desember 2016

WhatsApp_Image_2016-12-09_at_11.41_.59_AM_.jpeg

*

Pimpinan FEBI UIN Sunan Kalijaga Periode 2016-2020 beserta Jajarannya

IIUC.jpg

*

Indonesia Islamic University Converence (IIUC)

Jumat, 12 Mei 2017

RAKER DAN PELANTIKAN PENGURUS IKASUKA 2017

ikasuka

FESTIVAL SENI TRADISI DAN BUDAYA ISLAM NUSANTARA

Back To Spirit of Sunan Kalijaga: Memperkaya Tradisi dan Memajukan NKRI

Indonesia adalah negeri yang kaya tradisi dan seni budaya. Berbagai macam ragam seni budaya dan tradisi hidup dan berkembang di kalangan masyarakat Indonesia hingga saat ini. Bagi bangsa Indonesia tradisi dan seni budaya tidak saja menjadi sarana berinteraksi antara sesama manusia dan antara manusia dengan alam, tetapi juga menjadi ekspri sepiritualitas dalam berkomunikasi dengan Tuhan. Dengan demikian khazanah tradisi dan seni budaya merupakan hasil kreatifitas rasio dan spiritual. Hal ini disampaikan oleh Saeful Bahri Anshori selaku Ketua Ikatan Keluarga Alumni IAIN-UIN Sunan Kalijaga (IKA-SUKA) pada saat Conferensi Pers di Kampus UIN Suka Setempat, Jumat, (05/05).

“Tradisi dan budaya masyarakat Indonesia, bisa menjadi sarana dialog yang bisa mengintegrasikan berbagai keragaman dan perbedaan yang ada di Idnoensia. Dengan kata lain kekuatan tradisi dan budaya inilah yang bisa merajut hati dan menjaga perbedaan. Dalam situasi kebangsaan yang sedang terancam dengan berbagai gerakan sectarian, maka perlu mengeksplorasi berbagai bentuk tradisi dan seni budaya nusantara sebagai intumen membangun dialog yang sehat dan beradab untuk mencegah terjadinya radikalisme dan sektarianisme” jelas Bahri Ansori.

Ketua Panitia Dr. Abdur Rozaki, M.Si, menegaskan bahwa UIN Sunan Kalijaga merupakan perguruan tinggi Islam negeri tertua di Indonesia yang concern pada tradisi dan seni budaya sebagai sarana pengembangan dan pengajaran agama Islam. Untuk menggali spirit Sunan Kalijaga sebagai sosok yang menjadikan kebudayaan dan tradisi sebagai sarana mengembangkan Islam, UIN Sunan Kalijaga berkerjasama dengan Ikatan Keluarga Alumni IAIN-UIN Sunan Kalijaga (IKA-SUKA) menyelenggarakan event “Festival Seni Tradisi dan Budaya Islam Nusantara”. Event ini selain sebagai bentuk penggalian dan pengkajian secara akademik juga sebagai eksplorasi terhadap tradisi dan senibudaya sebagai instrument untuk melakukan counter gerakan radikalisasi dan sektarianisme.

“event ini juga diselenggarakan bersamaan dengan agenda Raker Nasional dan Pelantikan Pengurus Pusat dan Daerah yang tersebar di Indonesia, selain itu juga digunakan sebagai ajang untuk merumuskan program-program kerja implementatif IKASUKA di seluruh Indonesia dan menjadi media silaturrahhim alumni secara nasional. Dalam event ini juga diselenggarakan seminar nasional bertajuk, “Arsitektur Islam Nusantara (AIN)”. yang kemudian dirangkai dengan kegiatan pertunjukan seni dan tarin rakyat Nusantara” , tambah Rozaki.

Dr. Ngatawi Al-Zastrou selaku kordinator Festival seni tradisi dan Budaya Islami menjelaskan event ini akan melibatkan hampir seribu seniman tradisional meupun modern, dari berbagai aliran; seni rupa, music, pertunjukan dan tari yang didukung oleh 20 grup keseneian dari Borobudur, Magelang, Merbabu, Yogyakarta dan para mahasiswa. Avent ini berlangsung selama tiga hari dari tanggal 5 sd 7 Mei 2017.

“Penyelenggarakaan event ini didukung sepenuhnya oleh Dirjen Kebudayaan, Kepala Badan Ekonomi Kreatif RI, Kementerian Pariwisata, DJARUM Foundation, dan Telkomsel” pungkas Zastrou. (Doni TW-Humas) Repost www.uin-suka.ac.id